Kabar Muhammadiyah Jawa Barat

FKIP Umtas Gelar Workshop Nasional

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya menggelar Workshop Nasional Penulisan Buku: Buku Teks, Buku Ajar, Buku Bebas bersama Prof. Dr. Eng. Imam Robandi, MT. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis-Sabtu, 2-4 Agustus 2018 di Camp Hulu Cai, Puncak, Bogor. Tema kegiatan tersebut adalah “How to become a good writer with fun”.

Opening kegiatan tersebut dimeriahkan oleh penampilan seni dari mahasiswa S1 Sendratasik UMTAS yang menyuguhkan performance terbaik mereka. Opening tersebut dihadiri oleh Dekan FKIP UMTAS, Drs. Momor Sophandi, MM., Rektor UMTAS, Dr. Ahmad Qonit AD, MA., dan Presiden JPSM (Jaringan Penggerak Sekolah/Madrasah Muhammadiyah), Timbul Atmawijaya.

Ketua Pelaksana, Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny, M. Ag. dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta yang mendaftar melebihi target yang ditentukan. “Alhamdulillah, workshop nasional ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, sehingga peserta yang ikut melampaui target. Peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sorong, Sulawesi, Kalimantan, dan Medan,” ujarnya.

Jumlah peserta yang hadir adalah 117 orang dari berbagai latar belakang. Ada yang dari kalangan dosen, guru SD/SMP/SMA, perwakilan Majelis Dikdasmen Kota Tasikmalaya, Dikdasmen Pekajangan Pekalongan, Dikdasmen Cileungsi, PDA Kabupaten Tegal, dan TV Muhammadiyah. Selain itu, hadir pula beberapa penerbit, diantaranya Penerbit Ismaya Publishing, Penerbit Andi Offset Yogyakarya, Penerbit Tangan Emas, dan Penerbit House Digital Publishing.

Rektor UMTAS, Dr. Ahmad Qonit AD, MA. mengapresiasi kegiatan tersebut. “Saya mengapresiasi kinerja dosen-dosen FKIP yang sangat kreatif dan aktif. Mampu menyelenggarakan kegiatan ini dengan sukses meskipun diselenggarakan bukan di Tasikmalaya. Semoga apa-apa yang menjadi tujuan kegiatan ini tercapai,” tuturnya.

Selain itu, rektor juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut semoga terjalin kerjasama yang baik dengan seluruh institusi, baik institusi pendidikan maupun institusi Muhammadiyah seluruh Indonesia dengan UMTAS. “Tiap-tiap PDM dapat mengutus kader-kadernya untuk kuliah di UMTAS. Demikian juga kader-kader dari daerah lain dapat diutus untuk kuliah ke PTM lain di luar tempat tinggalnya. Dengan begitu, UMTAS dan PTM secara umum akan unggul secara nasional karena mahasiswanya berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” paparnya.

Selain workshop penulisan buku, dalam rangkaian acara kegiatan tersebut terdapat penandatanganan kerja sama antara FKIP UMTAS dengan penerbit-penerbit, dengan sekolah, dan juga dengan beberapa universitas. Kegiatan akan diakhiri dengan outbond yang bertujuan untuk mempererat silaturahim dan kerjasama antar individu dan antar institusi asal peserta workshop. [nu]

Show More

mpijabar

Akun dari MPI Jawa Barat 2015-2020

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close