Kabar Muhammadiyah Jawa Barat

Dinas Kesehatan Kota Bandung Menyelenggarakan Kegiatan Evaluasi Pelayanan Kesehatan di RSMB

Bandung, Kabar Muhammadiyah Jabar—

Dinas Kesehatan Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan “Evaluasi Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit,” pada Rabu (09/11/2022).

Kegiatan berlangsung di Auditorium Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung (RSMB) dari pukul 08.00 WIB s,d 14.00 WIB.

Adapun tujuan adanya evaluasi ialah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan tiap rumah sakit di Kota Bandung. 

Ketua Pelaksana kegiatan, Cucu Irawan, ST, MKM dalam laporannya mengungkapkan bahwa total peserta berjumlah 38 orang yang merupakan perwakilan dari semua rumah sakit di Kota Bandung yang semuanya ada 38 rumah sakit.

Cucu pun mengatakan, harapan dari kegiatan ini adalah agar para peserta yang sudah mengikuti kegiatan evaluasi dapat memperoleh berbagai masukan tentang pelayanan kesehatan untuk kemudian mempraktikkannya di rumah sakit mereka masing-masing.

“Kegiatan ini mengundang 38 rumah sakit di Kota Bandung. Mudah-mudahan yang hadir dari kegiatan ini bisa memperoleh ilmu dan semangat jelang akreditasi akhir 2023 nanti,”ujarnya.

Dirut Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung, dr Kautsar Boesoeirie mengapresiasi adanya inisiatif dinas kesehatan Kota Bandung untuk mengadakan evaluasi pelayanan kesehatan.

Menurutnya hal ini memang penting dilakukan karena di masa sekarang yang angka pasien Covid-19 sudah menurun signifikan, jamak rumah sakit yang masih berfokus pada penanganan terhadap virus tersebut, sehingga luput untuk membenahi fasilitas kesehatan di luar penanganan Covid-19.

Jika hal tersebut tidak dibenahi, tentunya dapat menyebabkan rumah sakit tak berhasil memperoleh nilai “paripurna” pada akreditasi rumah sakit di akhir tahun 2023 mendatang.

“Setelah 932 hari pandemi, RS dihadapkan untuk akreditasi., maka dari itu pertemuan ini tentulah sangat bermanfaat,” tuturnya.

Pada pelaksanaannya, ada 3 pembahasan yang dikaji dalam kegiatan Evaluasi Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit kali ini.

Pembahasan  pertama adalah tentang “Kebijakan Mutu dan Akreditasi Rumah Sakit,” oleh dr Irna Lidiawati, M.A.R.S (Kepala Subdirektorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan).

Kemudian yang kedua membahas “Tatalaksana Survei Akreditasi RS,” yang dibawakan oleh Dr.dr Ina Rosalina SpA K, MKes.MHkes (Perwakilan Menteri Kesehatan).

Terakhir yang menjadi bahan bahasan adalah tentang proses akreditasi RS Hermina Arcamanik yang dibawakan langsung oleh Direktur RS Hermina Arcamanik, dr Agus Setiyana.

*Penulis: Aqbil WAK

Tampilkan Lebih Banyak

mpijabar

Akun dari MPI Jawa Barat 2015-2020

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button