Kabar Muhammadiyah Jawa Barat

LPPA Jabar Adakan Pendidikan Politik, Wujudkan Peran Perempuan Realisasikan Pemilu Berkeadaban

BANDUNG, KABAR MUHAMMADIYAH JABAR—

 Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah (LPPA) Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan “Pendidikan Politik.”  Ahad (23/10/2023).

Kegiatan dilakukan secara hybrid. Bagi yang daring lewat aplikasi Zoom, sedangkan luring dengan datang langsung ke Aula Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB).

Untuk tema yang diangkat adalah “Peran Strategis Perempuan untuk Merealisasikan Pemilu Berkeadaban dan Demokrasi Substansial.”

Ketua Pelaksana Prof. Dr. Akmaliyah M.Ag, CLE menerangkan, adanya pendidikan politik bertujuan agar perempuan Aisyiyah memiliki kesadaran dan kecerdasan politik. 

“Harapannya dengan kecerdasan politik menjadikan kaum Perempuan Aisyiyah dapat turut berperan aktif dalam pemilu ke depan, baik sebagai penyelenggara, pemilih, ataupun yang dipilih,” ucapnya.

Prof. Dr. Akmaliyah M.Ag, CLE menekankan bahwa kemampuan melek politik menjadi sesuatu yang harus dimiliki Perempuan Aisyiah.

Hal ini urgensi musabab tanpa adanya kepedulian serta kecerdasan politik rentan menjadikan pemilu berjalan tak beradab dan tak bermartabat.

“Dengan adanya pendidikan politik dapat merealisasikan pemilu yang berkeadaban, bermartabat, dan merealisasikan demokrasi yang substansial,” pungkasnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jabar Ia Kurniati dalam sambutannya menekankan kembali betapa krusialnya peran Perempuan dalam pemilu.

“Dengan menjadi perempuan cerdas politik membawa kita menjadi garda terdepan untuk memberikan masukan-masukan persoalan politik kita,” ujarnya.

Ia mengatakan Perempuan Aisyiyah dituntut tangguh dan berkualitas dalam menyambut politik agar aspirasi perempuan dapat terjamin.

“Posisi perempuan sangat dibutuhkan pada politik, sebab perempuanlah yang akan menjadi pihak pertama merasakan tiap produk kebijakan itu, seperti minyak mahal misalnya,”ucapnya.

“Oleh karena itu, karena perempuan memiliki kebutuhan dan aspirasi yang berbeda, maka   keterwakilan perempuan sangatlah penting untuk menghasilkan perubahan dalam proses politik yang demokratis,” tambahnya.

Pada pelaksanaannya, kegiatan Pendidikan Politik LPPA Jabar diisi oleh beberapa narasumber dari berbagai instansi.

Pengisi kegiatan tersebut antara lain: Dra. Hj Muthiah Umar, M.Si  (Wakil Ketua PWA Jabar), Ahmad Nur Hidayat (Komisioner KPU Jabar), Zacky Muhammad Zam-Zam (Ketua Bawaslu Jawa Barat), dan Neni Nur Hayati (Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership).

*Penulis: Moh Aqbil WAK

Tampilkan Lebih Banyak

mpijabar

Akun dari MPI Jawa Barat 2015-2023

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button