Kabar Muhammadiyah Jawa BaratKabar PersyarikatanMajelis

Muhammadiyah Jawa Barat Gelar Rembug Pendidikan

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat mengadakan Rembug Pendidikan Muhammadiyah Jawa Barat bersama Mendikbud Prof. Dr. H. Muhadjir Effendi, yang berlangsung pada Hari Kamis, 21 Pebruari 2019, bertempat di Aula Mujahidin Jalan Sancang Kota Bandung. Di samping kehadiran Mendikbud, pada acara tersebut hadir pula Ketua PWM Ir. H. Suhada, Wakil Ketua yang membidangi Pendidikan Prof. Dr. Udin Saepudin Saud, M.Pd. dan para wakil ketua lainnya, serta Majelis Dikdasmen. Yang menjadi peserta terdiri dari Ketua PDM dan PCM, majelis dikdasmen serta para Kepala AUM se Jawa Barat.

Ketua PWM Ir. H. Suhada, dalam pidato iftitahnya mengungkapkan bahwa Rembug Pendidikan ini diselenggarakan karena ada masalah masalah dalam pendidikan Muhammadiyah yang perlu dicarikan solusinya. Mutu Pendidikan Muhammadiyah di Jawa Barat masih agak tertinggal dibandingkan dengan Jateng dan Jatim.

Menyinggung soal mutu pendidikan, menurut Suhada, ciri utama lembaga pendidikan yang sukses itu adalah lembaga yang selalu _mengupdate_ mutu dan _mengupdate_ manajemen mutu yang berkesinambungan ( _continuous improvement_). Landasan manajemen yang berkesinambungan adalah merubah perilaku kita. Masalah terbesar dalam manajemen mutu adalah merubah perilaku dari perilaku konvensional ( _goal posting_) ke perilaku sistem ( _statistical process control_). Perilaku _goal posting_ artinya perilaku yang menunggu di belakang. Mengharapkan hasil di akhir tanpa proses yang jelas. Sedangkan perilaku _statistical process control_ artinya perilaku yang selalu diback up oleh angka angka atau data. Jika berbicara ia siap dengan back up data yang serba jelas dan tentu datanya benar serta sesuai dengan kenyataan.

Ia berharap dalam Rembug pendidikan ini diperoleh solusi-solusi yang produktif dan inovatif terhadap permasalahan pendidikan di Muhammadiyah sehingga lembaga pendidikan Muhammadiyah mampu mencetak Sumber Daya Manusia yang di atas rata-rata.

(rep: Ilam Maolani)

Tags
Show More

mpijabar

Akun dari MPI Jawa Barat 2015-2020

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close