Kabar Persyarikatan

Prodi Ilmu Komunikasi UMBandung Gelar Kuliah Perdana


BANDUNG (15/5) – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) mengadakan webinar “Breaking News: Government Public Relationship and Jurnalism” pada Rabu 13 Oktober 2021 melalui via aplikasi Zoom.


Webinar yang dihadiri oleh 200 orang tersebut merupakan acara kedua di tahun ini yang diadakan oleh himpunan tersebut atau yang dikenal dengan nama Dewan Keluarga Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Degamasi) UMBandung.
Webinar tersebut menghadirkan narasumber Kepala Bagian Protokol & Komunikasi Pimpinan Sekertariat Daerah Kota Bandung Sony Teguh Prasatya dan Penata Liputan Bagja Rahmatullah.


Acara ini menjadi kuliah perdana tersebut untuk menambah wawasan tentang dunia public relation dan juga jurnalistik khususnya dalam pemerintahan.
Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMBandung Dra. Euis Evi Puspitasari, M.Si. mengatakan acara yang dilakukan secara daring tersebut menjadi kuliah perdana bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi, khusunya bagi mahasiswa baru angkatan 2021/2022.


”Acara ini akan sangat berkaitan dengan profesi nanti Anda kalau sudah keluar dari Prodi Ilmu Komunikasi UMBandung,” ujar Euis.
Euis mengatakan terselenggaranya acara tersebut dapat memberikan dampak positif untuk para mahasiswa dalam melakukan perkuliahan di UMBandung.
”Mudah-mudahan semua termotivasi dan diharapkan tidak hanya menjadi orang-orang yang berada di belakang meja, tapi Anda sebagai manusia-manusia entrepreneur yang sesuai dengan tagline UMBandung Islamic Technopreneur University,” jelasnya.
Pada waktu yang sama Wakil Dekan Sosial dan Humaniora UMBandung Dr. Aziz Taufik Hirzi, S.IP., M.Si. mengatakan bahwa acara tersebut bisa menjadi pembekalan yang bagus, baik bagi mahasiswa baru maupun lama untuk ke depannya.
”Tentu materi yang disampaikan akan sangat bermanfaat karena hal tersebut akan menjadi bekal yang sangat berharga, bukannya untuk hari ini, tetapi juga di masa mendatang,” kata Aziz.


Sementara itu, Rektor UMBandung Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU. dalam sambutan pembuka mengatakan meskipun ada keterbatasn dalam penyelenggaraan, justru kegiatan webinar ini penting sekali sebagai pembelajaran dalam mengembangkan kreativitas para mahasiswa.
”Saya kira bagi para mahasiswa (webninar) ini jadi kesempatan emas. Justru dalam kegiatan-kegiatan semacam ini akan terjadi interaksi yang baik sesama mahasiswa dalam tim dan sekaligus dapat mempraktikkan ilmu komunikasi tentang bagaimana berkomunikasi sesama anggota panitia dengan baik, serta menyampaikan pokok-pokok pemikiran di dalam rapat persiapan,” ungkap Prof. Herry.


Mantan Rektor IPB ini berharap para mahasiswa peserta webinar dapat menemukan kata kunci yang menjadi agenda program pemerintah untuk dikomunikasikan kepada masyarakat dengan baik.
”Insyaallah dari sini saudara-saudara sekalian akan mulai merasakan bagaimana cara mengambil angle (sudut pandang) yang positif ataupun optimistik,agar sosial media kita tidak didominasi oleh hoaks ataupun berita-berita negatif yang mengganggu kehidupan dan keseharian kita,” pungkasnya.***(Firman Katon)

Tampilkan Lebih Banyak

mpijabar

Akun dari MPI Jawa Barat 2015-2020

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button