Kabar PersyarikatanNasyiatul 'Aisyiyah

PDNA Sumedang Gelar Pelatihan Digital Marketing

PDNA Sumedang bekerjasa sama dengan Gapura Digital menyelenggarakan pelatihan tentang peningkatan usaha secara digital. Gapura Digital adalah program dari Google Indonesia yang mendukung Usaha Kecil Menengah Indonesia untuk memajukan bisnis secara digital. Pelatihan Digital Marketing ini diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang yang merupakan para pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Sumedang.

Pelatihan Digital Marketing diselenggarakan selama dua hari, 23-24 Februari 2019 bertempat di Aula Gedung PKK Kabupaten Sumedang. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan bisnisnya dan juga memperluas pemasaran produknya secara digital. Karena ternyata peluang pasar di dalam bisnis secara online sangatlah besar, dimana, berdasarkan data hasil survey APJII tahun 2018 pengguna internet di Indonesia berjumlah 143 juta atau 54,86% dari penduduk Indonesia.

Dalam pelatihan Digital Marketing peserta mendapat lima modul materi. Hari pertama ada tiga sesi. Pada sesi pertama peserta mendapat materi mengenai Panduan Dunia Digital yang menjelaskan mengenai perkembangan dunia digital saat ini dan kenapa kita harus memasarkan produk secara digital. Pada sesi kedua peserta mendapat modul mengenai website efektif yaitu tentang pentingnya membuat web untu bisnis dan bagaimana membuat website yang efektif yang dapat mendukung peningkatan bisnis secara digital. Dan pada sesi ketiga peserta mendapat modul mengenai Teknik Copy Writing Dasar yaitu bagaimana mengolah konten untuk meningkatkan penjualan. Semua modul disampaikan oleh Kamaludin Somantri, trainer Gapura Digital yang berasal dari Garut dan merupakan owner dari batagarut.id yaitu perusahaan berbasis online yang menjual bata merah produksi Garut.
Pada hari kedua ada dua modul yang disampaikan yaitu mengenai Google My Busines yaitu aplikasi yang dibuat oleh google untuk membantu pelaku usaha agar lokasi usahanya dapat muncul di mesin pencari google. Dengan kemudahan tersebut, konsumen juga dimudahkan untuk berkunjung ke tempat usaha anda. Pada sesi terakhir peserti diberkan materi mengenai pengenalan SEO (Search Engine Optimization). Modul ini disampaikan oleh Kang Anas pelaku usaha yang bergerak di bidang alat-alat kopi.

Selama pelatihan peserta mulai memahami betapa pentingnya pemanfaatan Dunia Digital untuk meningkatkan Usahanya. Selama pelatihan berlangsung peserta terlihat semangat dan antusias mengkuti kegiatan. Di akhir Sesi Muhammad Irwan Maulana (Project Officer Google Gapura Digital) menekankan komitmen Google untuk meningkatan UKM di Indonesia dan juga secara terbuka mengajak kerja sama untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan lain yang dapat memajukan UKM di Kabupaten Sumedang.

Tags
Show More

mpijabar

Akun dari MPI Jawa Barat 2015-2020

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close