Kabar Persyarikatan

Transparansi dan Efisiensi Jadi Kunci Utama Pelayanan Publik Berkualitas

Bandung – Dosen prodi Administrasi Publik UM Bandung Rikki Maulana Yusup menegaskan bahwa pelayanan publik dan service excellent merupakan perbuatan yang sangat mulia. Menurutnya, keduanya juga bisa dikategorikan sebagai ibadah yang pahalanya sangat dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Pernyataan tersebut disampaikan Rikki dalam sebuah kesempatan yang dikutip dari kanal YouTube UM Bandung pada Selasa (08/04/2025). Ia menekankan pentingnya niat yang tulus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk dalam lingkungan pendidikan.

Rikki menjelaskan bahwa pelaksanaan service excellent di kampus sebagai lembaga pendidikan, yang setiap hari melayani kebutuhan mahasiswa dan sivitas akademik lainnya, misalnya, memerlukan tenaga dan pikiran yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pelayanan harus dilakukan dengan penuh keikhlasan.

”Salah satu kunci sukses dalam praktik service excellent adalah melayani tanpa pamrih, melainkan semata-mata untuk mengharap rida, rahmat, dan pahala dari Allah SWT. Dengan sikap ini, pelayanan yang diberikan akan mampu memuaskan berbagai pihak yang berkepentingan,” kata Rikki.

Lebih lanjut, Rikki menjabarkan bahwa service excellent merupakan bentuk nyata dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan lembaga-lembaga publik. Ia menekankan pentingnya prinsip transparansi, efisiensi, dan efektivitas dalam setiap layanan yang diberikan.

Jika prinsip-prinsip tersebut dilaksanakan dengan baik, imbuh Rikki, service excellent akan memberikan makna dan kebahagiaan tersendiri bagi pelaksana layanan. Hal ini terutama terasa saat berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam konteks lembaga pendidikan seperti universitas.

Dalam kesempatan itu, Rikki juga mengajak seluruh pihak yang bekerja di lembaga pelayanan publik, tak terkecuali di lembaga pendidikan, untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik. Ia menilai, pelayanan prima adalah bentuk pengabdian nyata kepada masyarakat.

”Jika dilaksanakan dengan baik, tentu saja ini akan memberikan makna yang sangat istimewa. Selain itu, service excellent juga merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai keislaman,” tandas Rikki.***(FA)

Tampilkan Lebih Banyak

mpijabar

Akun dari MPI Jawa Barat 2015-2023

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button